Resensi Film: 1917

Catatan: Hai, kali ini aku akan membagikan resensi sebuah film dengan judul "1917". Tulisan ini bisa jadi pertimbangan kalau kamu lagi bingung mau nonton film apa hehe. Hmm kumenyadari kalau masih banyak kekurangan dalam tulisan ini. Jadi, kalau kamu ada saran dan kritik, jangan lupa disampaikan yaa :) Ku akan sangat berterima kasih. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.


1917



Identitas Film

Judul: 1917

Genre: Perang/Drama

Durasi: 1 jam 59 menit

Tahun Rilis: 2019

Sutradara: Sam Mendes

Produser: Sam Mendes

Penulis: Sam Mendes, Krysty Wilson-Cairns

Sinematografi: Roger Deakins

Musik: Thomas Newman

Distributor: Entertainment One (UK), Universal Pictures (US)

Pemain: George MacKay, Dean-Charles Chapman, Benedict Cumberbatch, Mark Strong, Colin Firth, Richard Madden

Bahasa: Bahasa Inggris, bahasa Jerman, bahasa Perancis

Anggaran: $90-100 juta

Sinopsis

1917 adalah sebuah film yang mengambil latar pada Perang Dunia I, tepatnya pada tanggal 6 April 1917. Cerita bermula ketika dua prajurit Inggris yaitu Tom Blake (Dean-Charles Chapman) dan Will Schofield (George MacKay) mendapat perintah untuk membawa pesan dari Jenderal Erinmore (Colin Firth) kepada Kolonel Mackenzie (Benedict Cumberbatch) di batalion 2, Resimen Devonshire. Pesan itu berisi perintah untuk membatalkan serangan yang akan dilakukan pada waktu fajar, karena ternyata serangan tersebut adalah jebakan dan strategi Jerman yang akan membahayakan 1600 orang prajurit termasuk kakak Tom Blake, Letnan Joseph Blake (Richard Madden).

Untuk menuju ke garis depan, di mana Kolonel Mackenzie berada, Blake dan Schofield harus melewati No Man's Land dan wilayah pihak Jerman yang sudah ditinggalkan. Dalam perjalanan tersebut, banyak rintangan dan hambatan yang harus dihadapi karena perjalanan tersebut adalah perjalanan yang penuh risiko di medan perang. Selain itu, mereka juga diburu oleh waktu. Mereka harus sudah menyampaikan pesan kepada Kolonel Mackenzie sebelum fajar di hari berikutnya atau 1600 orang akan menjadi korban.

Ulasan

Film "1917" dapat memberikan kita sedikit gambaran tentang suasana perang, khususnya pada Perang Dunia I. Prajurit yang ikut bertempur saat itu harus meninggalkan rumah, jauh dari keluarga, dan terancam nyawanya setiap saat. Selain itu, mereka juga harus bersusah-susah di medan pertempuran, seperti kekurangan makanan dan istirahat.

Secara keseluruhan, film "1917" ini sangat memuaskan, baik dari segi sinematografis maupun alur ceritanya. Latar musik yang ada dalam film tersebut sangat mendukung suasana cerita, sehingga penonton dapat dengan mudah ikut merasakannya. Latar tempat di dalam film tersebut juga dibuat sangat mirip dengan medan pertempuran pada Perang Dunia I.

Film ini dapat mengajarkan kepada kita tentang kerja sama antarteman, tolong-menolong, dan pentingnya arti keluarga.

Simpulan

Film ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang suka film bergenre drama. Jika ditonton sebagai hiburan, film ini tidak mengecewakan karena penyajiannya yang apik. Selain itu, banyak pelajaran dan nilai-nilai kehidupan yang dapat diambil dari film ini. Oleh karena itu, pantaslah film ini ditonton untuk diambil pelajaran dan manfaat darinya.


Terima kasih sudah membaca :)

Komentar